Korban Merapi Transmigrasi ke Kalbar

  • Daerah
  • 0
  • 03 Des 2011 11:05
Liputan6.com, Klaten: Lima keluarga korban erupsi Gunung Merapi 2010 berasal dari Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, mengikuti program transmigrasi ke Desa Tarentang Hulu, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat.

Kepala Bidang Transmigrasi Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi Pemkab Klaten, Joko Santoso mengatakan tahun ini sebanyak 10 keluarga ikut transmigrasi, lima di antaranya adalah korban Merapi. Mereka tertarik bertransmigrasi setelah mendapatkan penjelasan dan sosialisasi program ini. Para peserta program transmigrasi ini kebanyakan kaum petani.

"Di lokasi transmigrasi, masing-masing dari mereka akan mendapat rumah dan lahan seluas 0,75 hektare untuk digarap yang akan diberikan secara bertahap, sesuai dengan perkembangan mereka di sana. Kalau perkembangannya bagus, mereka akan semakin cepat mendapat jatah lahan yang menjadi haknya," katanya. Joko menambahkan lokasi transmigrasi untuk warga Klaten di Kalimantan Barat adalah di lahan perkebunan sawit dengan akses yang mudah dijangkau.

Seluruh fasilitas mulai dari pendidikan, kesehatan, dan transportasi di lokasi tersebut mudah didapatkan. Tak hanya itu, setiap KK mendapat dana Rp 36 juta, yakni untuk mengikuti program Rp 11 juta, dan transportasi menuju lokasi, serta berbagai keperluan peralatan setelah sampai di lokasi Rp 15 juta. (ANT/Vin)
Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler