Sukses

Liga Arab Jatuhkan Sanksi Ekonomi ke Suriah

Sanksi antara lain berisi Liga Arab akan menghentikan transaksi dengan bank sentral Suriah dan larangan pejabat Suriah melakukan kunjungan ke negara-negara Arab.

Liputan6.com, Kairo: Organisasi persatuan negara-negara Arab, Liga Arab, akhirnya menjatuhkan sanksi ekonomi terhadap Suriah. Pengumuman pemberian sanksi itu dibacakan dalam pertemuan darurat di Kairo, Mesir, Ahad (27/11). Liga Arab juga memerintahkan pemerintahan Bashar al-Assad agar menerima tim pemantau.

Sanksi antara lain berisi Liga Arab akan menghentikan transaksi dengan bank sentral Suriah dan larangan pejabat Suriah melakukan kunjungan ke negara-negara Arab. Selain itu larangan pendaratan dan penerbangan udara Suriah di negara Arab. Sanksi diberikan atas tindakan militer Suriah yang melakukan kekerasan terhadap demonstran.
 
Sekretaris Jenderal Liga Arab Nabil El Araby mengatakan sanksi bisa diangkat segera jika Suriah menerima proposal misi pemantauan yang dirancang untuk melindungi warga Suriah.

Sebuah kelompok hak asasi manusia sebelumnya melaporkan bahwa bentrokan antara pasukan keamanan dan demonstran kembali berlanjut selama akhir pekan dan menewaskan sedikitnya 50 orang. Dengan meluasnya bentrokan, Suriah tampaknya semakin terjebak dalam kebingungan yang mendalam.(NHK/JUM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini