Sukses

Ketika Sapi dan Kambing Ikut Kontes

Penilaian terhadap hewan-hewan peserta kontes dilakukan berdasarkan berat badan, umur, lingkar dada, dan pinggul. Selain itu tentu saja penampilan hewan ternak.

Liputan6.com, Banyuwangi: Kontes hewan ternyata tak hanya untuk anjing dan kucing. Di Banyuwanti, Jawa Timur, pemerintah setempat juga menggelar kontes untuk sapi, kambing, serta hewan ternak lainnya.

Berbagai jenis sapi, kambing, dan ayam mengikuti kontes ternak unggulan di Lapangan Kedayunan Kabat, Banyuwangi, baru-baru ini. Di sana ada sapi hasil inseminasi buatan, jenis simental dan limosin. Ada juga kambing etawa serta kambing jenis kacang.

Penilaian terhadap hewan-hewan peserta kontes dilakukan berdasarkan berat badan, umur, lingkar dada, dan pinggul. Selain itu tentu saja penampilan hewan ternak.

Supaya jadi juara, hewan ternak yang ikut kontes umumnya mendapat perlakuan istimewa. Mulai dari makanan dan minuman tambahan serta cek kesehatan secara teratur. "Semuanya harus diperhatikan," ujar Sadri, pemilik sapi ekstrem, pemenang kontes.

Sapi ekstrem milik Sadri memiliki berat satu ton, tiga kuintal, dua kilogram. Ini salah satu yang membuat sapi milik warga Kecamatan Kalipuro itu dinobatkan sebagai pemenang kontes.

Kepala Dinas Peternakan Banyuwangi Beny Handaryanto mengatakan, selain untuk mengingkatkan produktivitas para peternak, kontes juga menjadi ajang bagi pengunjung yang datang dari berbagai daerah untuk berburu sapi dan kambing berkualitas. Di daerahnya, harga sapi berkualitas bisa mencapai puluhan juta rupiah.(ULF)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.