Israel Segera Serang Iran?

  • Internasional
  • 0
  • 21 Nov 2011 13:20
Liputan6.com, Tel Aviv: Menteri Pertahanan Israel Ehud Barak menyerukan dilancarkannya tindakan terhadap Iran guna "menghentikannya dari membuat senjata nuklir", dan mengatakan "waktunya sudah tiba". Ia tak mau mengatakan secara langsung apakah negaranya akan menyerang Iran, dan menyatakan, "Saya kira itu bukan topik untuk pembicaraan secara terbuka."

"Tapi saya bisa memberitahu Anda bahwa laporan IAEA memiliki dampak yang membuat tenang bagi banyak pemimpin dunia, dan orang mengerti bahwa waktunya sudah tiba," kata Barak dalam wawancara dengan jaringan televisi CNN.

Ia merujuk kepada laporan yang dikeluarkan pada 8 November silam oleh Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA), yang berisi dugaan mengenai kegiatan yang ditujukan untuk membuat bom atom secara gelap oleh Iran. Laporan tersebut membuat AS dan beberapa negara Eropa mempertimbangkan untuk memperpanjang sanksi atas negara Persia itu.

Beberapa hari sebelum dikeluarkannya laporan IAEA tersebut, media Israel melaporkan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan Barak sedang mengupayakan dukungan kabinet bagi serangan militer terhadap Iran.

Barak mengatakan pemimpin IAEA Yukiya Amano memberitahu secara langsung apa yang ia temukan, sehingga membuat program nuklir Iran masalah utama bagi sanksi dan bagi diplomasi intensif yang sangat mendesak.

"Orang mengerti sekarang bahwa Iran bertekad menjangkau senjata nuklir. Tak ada penjelasan lain yang mungkin atau dapat dibayangkan bagi apa yang benar-benar telah mereka kerjakan. Dan itu mesti dihentikan," kata Barak sebagaimana dikutip Xinhua, Senin (21/11).(Ant/ADO)
Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler