Sukses

SBY Jawab Pertanyaan Wartawan Asing dan Lokal

Dalam konferensi pers selama hampir 45 menit ini Presiden SBY menjawab seputar topik hangat politik keamanan kawasan hingga kerja sama ASEAN dengan negara-negara mitra.

Liputan6.com, Nusa Dua: Seluruh rangkaian KTT ke-19 ASEAN dan KTT terkait, resmi ditutup Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Bali Nusa Dua Convention Center, Sabtu (19/11) pukul 17.00 WITA. Penutupan dihadiri para pemimpin negara anggota ASEAN dan negara mitra, minus Presiden Amerika Serikat Barack Obama yang sudah bertolak menuju negaranya, tepat pukul 16.33 WITA.

Satu jam berselang, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menggelar konferensi pers yang terbuka untuk media massa di Ruang Nusa Dua 5 Bali Nusa Dua Convention Center.

Selain dihadiri ratusan peliput media asing dan nasional, beberapa pejabat negara seperti menteri juga mengikuti jalannya jumpa pers yang sempat molor hampir setengah jam itu. Turut hadir Gubernur Bali Made Mangku Pastika dan mantan Menteri Lingkungan Hidup Emil Salim.

Presiden SBY menjelaskan bahwa jumpa pers ini hanya berisi pengantar singkat dan dilanjutkan sesi tanya jawab. Ada delapan penanya yang terdiri dari wartawan asing dan lokal. Dalam konferensi pers selama hampir 45 menit ini Presiden SBY menjawab seputar topik hangat politik keamanan di kawasan regional hingga kerja sama ASEAN dengan negara-negara mitra.

Presiden Yudhoyono juga menjelaskan isi pokok pertemuan bilateral dengan Presiden Amerika Serikat Barack Obama dan Perdana Menteri Australia Julia Gillard. Terutama mengenai kontroversi penempatan pasukan Marinir AS di Darwin, Australia. SBY pun mengungkapkan bahwa kedua kepala negara itu menyatakan 2.500 personel Marinir itu untuk penanganan bencana alam.(ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini