Kerajinan Tekstil 10 Negara ASEAN Dipamerkan

on

Liputan6.com, Nusa Dua: Tak hanya membahas sejumlah agenda, KTT ASEAN ke-19 di Nusa Dua, Bali, juga menyelenggarakan sejumlah acara kebudayaan, seperti pameran tekstil dan kerajinan dari 10 negara ASEAN. Malaysia, misalnya, memaerkan kerajinan kain batik dan kerajinan perak. Batik sebagai teknik pembuatan kain memang bukan hanya milik Indonesia dan keduanya memiliki kekhasan berbeda.

Thailand yang tengah dilanda banjir pun tetap ikut berpartisipasi dengan menampilkan sutra Thai yang terkenal. Sutra buatan tangan yang halus ini menarik minat Ibu Negara Ani Yudhoyono. Sutra ini ditawarkan mulai Rp 1 juta hingga Rp 3 juta.

Thailand juga memamerkan perhiasan tradisional. Dulunya perhiasan buatan tangan ini hanya bisa dikenakan keluarga kerajaan, tetapi kini siapa saja bisa menambah cantik penampilan mereka dengan perhiasan ini. Harganya yang dulu selangit karena setiap bagian terbuat dari emas, kini rata-rata perhiasan Thailand terbuat dari perak dilapisi emas.

Filipina sebagai pemasok utama kerajinan kulit kerang dunia membawa koleksi kerajinan kerang ke pameran ini. Sedangkan Brunei Darussalam juga tidak ketinggalan. Kendati tidak sepopuler sutra Thailand, sutra Kamboja tidak kalah indah. Beberapa motifnya menyerupai motif batik modern Indonesia.(ADO)
Suka artikel ini?

0 Comments