Sukses

Asia Pasifik Berkembang Menjadi Poros Dunia

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyatakan abad ke-21 adalah abad milik Asia Pasifik sebagai kawasan yang berkembang pesat dan menjadi poros dunia yang strategis.

Liputan6.com, Honolulu: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyatakan abad ke-21 adalah abad milik Asia Pasifik sebagai kawasan yang berkembang pesat dan menjadi poros dunia yang strategis.

Dalam pidatonya pada forum APEC CEO Summit 2011 di Hotel Sheraton Waikiki, Honolulu, Kepulauan Hawaii, Sabtu pukul 12.00 waktu setempat atau Minggu pukul 05.00 WIB, Presiden menyatakan kawasan Asia Pasifik yang menghubungan Asia dan Amerika dapat menentukan masa depan dunia apabila bisa mengidentifikasi langkah-langkah ke depan untuk memastikan perdamaian dan kemakmuran di bawah tersebut. "Kawasan Asia Pasifik harus berperan penting untuk menciptakan pertumbuhan ekonomi yang kuat, berkelanjutan, seimbang, dan inklusif," ujarnya.

Menurut Kepala negara, peran penting yang perlu dijalankan kawasan Asia Pasifik itu tidak memerlukan wadah baru lagi karena telah ada kerangka kerja dan rencana aksi G20 untuk mencapai tujuan tersebut. "Sembilan dari 21 anggota APEC adalah angggota G20 yang meliputi juga negara-negara maju, yaitu Amerika Serikat, Jepang, dan China. Wilayah Asia Pasifik juga meliputi negara-negara berkembang pesat seperti Korea Selatan, Indonesia, Meksiko, Rusia, Vietnam, dan lainnya," tuturnya.

Presiden SBY, berkeyakinan bahwa Asia Pasifik akan memainkan peran penting dalam menyeimbangkan tatanan perekonomian global. "Kita harus memainkan peran masing-masing dan menunjukkan kesungguhan politik untuk menghasilkan konsolidasi fiskal yang dibutuhkan, reformasi struktural, dan juga beberapa penyesuaian lain," ujarnya.
Menurut Kepala negara, penataan ulang arsitektur kawasan amat penting agar tercipta perubahan diplomasi, politik, ekonomi, dan sosial yang bisa mendatangkan arus perubahan cepat. (Ant/ARI)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini