Sukses

Pameran Foto Pernikahan Agung Keraton Yogyakarta

Gebyar Pernikahan Agung putri sulung Sultan Yogyakarta masih menyita perhatian masyarakat. Buktinya, ribuan orang mendatangi pameran foto dokumentasi pernikahan agung tersebut.

Liputan6.com, Yogyakarta: Gemerlap Pernikahan Agung putri sulung Sri Sultan Hamengkubuwono X, Gusti Kanjeng Ratu Pembayun dengan Kanjeng Panembahan Wironegoro masih terasa hingga kini. Lihat saja. Meski sudah tiga pekan lewat, ribuan orang masih memelototi pameran foto "Pernikahan Agung Keraton Yogyakarta" yang digelar di Griya Keraton, Jalan Mangkubumi, Yogyakarta.

Memang, pameran sengaja digelar untuk merespon keluhan masyarakat soal foto-foto tradisi langka yang cuma sedikit masuk di media massa ini. Padahal, banyak momen menarik yang terjadi selama prosesi pernikahan selama dua hari dua malam itu [baca: Kirab Pengantin Keraton Yogyakarta Disambut Meriah]. Apalagi prosesi adat kolosal ini sudah tak pernah diselenggarakan sejak pemerintahan Sultan HB VIII.

Nah, fotografer Yogyakarta, Effy Widjono Putro, Eko Boediantoro, dan Husein Effendi berusaha memenuhi keinginan masyarakat tersebut dengan memajang hasil jepretannya. Tak kurang dari 40 karya digelar dalam pameran ini. Semua foto menjadi dokumentasi prosesi dan sejumlah hal yang menarik untuk disaksikan. Sebut saja, ranjang pengantin, para wartawan yang diwajibkan mengenakan pakaian adat Jawa atau kesibukan para abdi dalem mempersiapkan acara tersebut.

Sejumlah pengamat fotografi menganggap pameran ini kurang menghadirkan nuansa human interest dari peristiwa besar tersebut. Foto-foto yang dihadirkan terlihat tampil seadanya. Tak lebih dari foto dokumentasi upacara pengantin kebanyakan.(TNA/Wiwik Susilo dan Mardianto)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.