Sukses

Banjir Bandang Landa Vietnam, 22 Tewas

Hujan lebat berkelanjutan selama beberapa hari terakhir telah menimbulkan banjir bandang berskala besar di provinsi-provinsi kawasan tengah Vietnam.

Liputan6.com, Hanoi: Hujan lebat berkelanjutan selama beberapa hari terakhir telah menimbulkan banjir bandang berskala besar di provinsi-provinsi kawasan tengah Vietnam. Menurut Pusat Pengendalian Banjir dan Badai Vietnam (SFCC), banjir itu juga menewaskan 22 orang dan dua lainnya dinyatakan hilang pada Rabu (9/11).

Hujan lebat yang turun di Provinsi Quang Binh dan Quang Nam dengan tingkat curah hujan rata-rata meningkat tajam. Sementara itu, sungai-sungai lokal juga diperingatkan mencapai level dua. Banjir juga sudah menenggelamkan tiga perahu nelayan dan menghanyutkan tiga lainnya di Da Nang.

Hingga saat ini, banjir dilaporkan telah menggenangi sekitar 36 ribu rumah di Provinsi Thien-Hue. Saat ini sekitar 30 ribu orang dari Provinsi Thua Thien-Hue dan Quang Nam telah dievakuasi ke daerah yang lebih aman. Menurut Badan Meteorologi, cuaca tropis saat ini juga bisa mengakibatkan angin kencang dan hujan lebat di sekitar provinsi yang dekat pantai dari Quang Tri ke Quang Nam pada hari ini.

Sebelumnya, SFCC juga mengeluarkan pesan darurat untuk menginstrusikan pihak berwenang lokal agar memberikan informasi terbaru bagi warga mengenai bahaya banjir. Tak hanya itu, pihak berwenang lokal diminta membuat rencana untuk melindungi warga dan bangunan-bangunan perkantoran.(JAY/ANS/Xinhua)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.