Sukses

Belajar Bahasa Cina di Negeri Asalnya

Cina menjadi salah satu kekuatan ekonomi dunia. Belajar bahasa Cina atau Mandarin tampaknya menjadi keharusan.

Liputan6.com, Taiwan: Cina menjadi salah satu kekuatan ekonomi dunia. Belajar bahasa Cina atau Mandarin tampaknya  menjadi keharusan. Cara belajar yang paling efektif adalah belajar langsung di negara asalnya.

Sebagai negara multikultur, Taiwan memang menjadi salah satu negara tujuan untuk belajar bahasa Cina. Namun demikian, kerja sama untuk mendatangkan guru Mandarin ke sekolah-sekolah di Indonesia harus tetap dilakukan.

Salah satunya di kelas bahasa di Universitas Tunghai, Taichung, Taiwan. Selain diajarkan secara formal di kelas, para siswa asing juga dilatih bermain teater budaya Cina. Tiap tahun, ratusan siswa dari seluruh dunia belajar bahasa Cina di tempat itu.

"Masalahnya, bisnis-bisnis dengan Cina di sini bakal lebih berkembang," kata Mira, siswa asal  Indonesia, Selasa (8/11).

Semangat kerja sama itulah yang menjadi dasar Ketua Yayasan Soposurung TB Silalahi, untuk menjalin kerja sama dalam pendidikan bahasa Cina kepada siswa di Indonesia. "Ya, itulah sebabnya saya menganggap bahwa SMA Soposurung wajib bukan lagi bahasa Prancis tapi juga bahasa Mandarin. Dan mereka memberikan bea siswa kepada beberapa guru secara gratis lagi," tutur TB Silalahi.(APY/SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini