Sukses

Jalur Evakuasi Longsor Diterjang Lahar Dingin

Meski hanya terbuat dari anyaman bambu, jembatan itu sangat vital bagi perjalanan warga. Kini warga terpaksa memutar jauh melalui wilayah Magelang.

Liputan6.com, Magelang: Banjir lahar dingin tiga hari lalu masih meninggalkan masalah bagi warga Desa Krinjing, Kecamatan Dukun, Magelang, Jawa Tengah. Jalan penghubung yang juga merupakan jalur evakuasi di desa tersebut mengalami longsor akibat diterjang lahar di Sungai Trising, seperti terlihat baru-baru ini.

Kendati begitu, warga tetap nekat melintasi sisi jalan yang longsor tersebut. Eri Yuwono, warga Dukun, mengungkapkan, hal ini terpaksa dilakukan karena mereka tak mempunyai pilihan lain. "Kalau tidak lewat sini, jauh," kata Eri.

Sedangkan di Boyolali, jembatan darurat yang menghubungkan Desa Tlogolele dan Desa Klakah di Kecamatan Selo kembali terputus akibat terjangan banjir lahar. Meski hanya terbuat dari anyaman bambu, jembatan itu sangat vital bagi perjalanan warga. Kini warga terpaksa memutar jauh melalui wilayah Magelang.

Selain merusak jembatan darurat dan penahan lahar dingin, dam yang tengah dibangun di Kali Juweh, klakah, juga hanyut diterjang lahar. Namun pembangunan dam kembali dikerjakan, termasuk pengerahan alat berat untuk mengeruk sisa meterial lahar dingin.(ULF)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.