Sukses

Ratusan Murid SD Belajar Naik Haji

Ratusan murid SD di Banyuwangi, Jatim, mengikuti bimbingan manasik haji yang digelar di sekolah mereka. Tujuannya tak lain untuk memberi pelajaran cara menunaikan ibadah haji sejak dini.

Liputan6.com, Banyuwangi: Ratusan murid kelas satu dan kelas enam Sekolah Dasar Negeri 1 Klatak, Banyuwangi, Jawa Timur, Jumat (4/11) mengikuti bimbingan manasik haji yang digelar di sekolah mereka. Para murid mengikuti latihan tersebut lengkap dengan pakaian ihram yang serba putih. Di situ, mereka diarahkan mengenai tata cara pelaksanaan ibadah haji dan langsung dipraktikkan.
 
Mereka juga diajarkan berjalan menuju Masjidil Haram dan mengitari Kabah sambil melantunkan doa dan zikir. Setelah itu, murid-murid ini salat Idul Adha di depan makam Nabi Ibrahim. Usai salat, murid ini berlari-lari kecil menuju Bukit Syafa dan Marwa lalu melempar jumrah di Aqabah menggunakan biji jagung serta tawaf dan wukuf layaknya ibadah haji sungguhan. 
 
Kegiatan manasik haji yang baru kali pertama digelar di sekolah ini disambut positif sejumlah orangtua murid. Rencananya, kegiatan ini akan dilakukan setiap tahun dan dijadikan kegiatan ekstra kurikuler di sekolah.(BJK/ADO)
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini