Sukses

Pesisir Selatan Dilanda Banjir Bandang

Musibah banjir bandang melanda Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat. Banjir tersebut membuat puluhan rumah di 12 kecamatan rusak dan belasan lainnya tersapu banjir.

Liputan6.com, Pesisir Selatan: Musibah banjir bandang melanda Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat. Banjir tersebut membuat puluhan rumah di 12 kecamatan rusak dan belasan lainnya tersapu banjir.

Pantauan SCTV hingga Kamis (3/11) petang, ketinggian air di sejumlah titik masih setinggi satu meter lebih. Di Nagari Taratak, Kecamatan Sutera, air menutup badan jalan yang menghubungkan Padang dan Bengkulu.

Pengendara sepeda motor terpaksa menggotong kendaraannya. Sementara mobil belum bisa melewati kawasan tersebut hingga menunggu air surut.

Air juga merendam pemukiman penduduk. Banjir terparah terjadi di daerah Kambang, Kecamatan Lengayang. Setidaknya 15 rumah hanyut terbawa air. Dari data Dinas Sosial Pesisir Selatan, tiga orang dikabarkan hilang terbawa arus. Namun, menurut warga jumlahnya korban sudah mencapai tujuh orang. Diperkirakan korban terseret air sampai ke laut. Seluruh korban belum ditemukan hingga petang tadi.

Banjir di Pesisir Selatan disebabkan curah hujan yang sangat besar. Banjir diperparah dengan terjadinya air laut pasang. Selain itu, alih fungsi hutan menjadi perkebunan sawit juga menjadi faktor lain penyebab banjir bandang.(APY/ULF)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.