Sukses

Warga Tuntut Bupati Serang Mundur

Bupati Serang, Taufik Nuriman dituntut ribuan warganya untuk mengundurkan diri karena dianggap tidak dapat membela kepentingan rakyat berkaitan dengan aktivitas penambangan pasir laut yang mengakibatkan abrasi sehingga merusak lahan warga.

Liputan6.com, Serang: Bupati Serang, Taufik Nuriman dituntut ribuan warganya untuk mengundurkan diri karena dianggap tidak dapat membela kepentingan rakyat. Tuntutan warga, Rabu (2/11) ini berkaitan dengan penambangan pasir laut di kawasan Lontar, Kabupaten Serang, Banten yang telah berlangsung sejak 2004.

Menurut para pengunjuk rasa dari Kecamatan Tirtayasa, mereka marah karena pemerintah daerah tak memperhatikan kondisi yang dialami warganya. Ratusan hektare lahan di kampung mereka rusak terserang abrasi akibat aktivitas penambangan pasir laut.

Sebagai bentuk aksi protes, warga yang mayoritas nelayan tersebut memblokade ruas jalan di depan kantor Bupati Serang. Salah satu yang diprotes warga adalah soal pemberian izin penambangan dari pemda. Tak hanya itu, mereka juga mengeluhkan sulitnya mendapatkan tangkapan ikan sekarang ini.

Dialog dengan Bupati Taufik sempat terjadi, namun suasana justru memanas dan tak ada jalan keluar apa pun. Penambangan pasir laut, merupakan salah satu sumber pemasukan daerah. (Vin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.