Banjir Kanal Timur Mulai Berfungsi

  • Ibukota
  • 0
  • 03 Nov 2011 08:13

111103abanjirkanaltimur.jpg
Liputan6.com, Jakarta: Proyek Banjir Kanal Timur yang menelan biaya hingga triliunan rupiah hampir selesai. Saluran kanal bagian timur Ibu Kota ini sudah berhasil mengalirkan luapan banjir dari kawasan Jakarta Timur dan Jakarta Utara. Demikian pantauan SCTV, Rabu (2/11).

Dari arah hulu, aliran kanal banjir ini sampai ke wilayah Marunda, Jakut. Di sini aliran banjir kanal timur bermuara di Teluk Jakarta. Namun demikian masih ada pengerjaan turap dan pintu air di beberapa titik di kawasan Cipinang dan Duren Sawit yang belum selesai.

Sementara itu tanggul Kali Pesanggrahan di Kompleks IKPN Bintaro telah selesai dibangun. Dengan panjang kurang lebih 100 meter dan tinggi dari permukaan sungai empat meter, warga berharap dampak banjir bisa dikurangi.

Meskipun telah dilengkapi pompa, keraguan warga masih tetap ada. Pasalnya tanggul yang lama pun sudah banyak yang membutuhkan perbaikan supaya tidak jebol saat air datang. Warga sangat berharap pemerintah mengeruk Kali Pesanggrahan agar air lancar mengalir.(JUM)
Terpopuler