Sukses

Bentrokan di Sanaa dan Taez, 18 Orang Tewas

Bentrokan terus terjadi di Yaman. Sedikitnya 18 orang tewas dan lebih dari 40 orang luka-luka dalam bentrokan di dua kota besar, di Sanaa dan Taez, Rabu (2/11).

Liputan6.com, Sanaa: Bentrokan terus terjadi di Yaman. Sedikitnya 18 orang tewas dan lebih dari 40 orang luka-luka dalam bentrokan di dua kota besar, di Sanaa dan Taez, Rabu (2/11).

Pergolakan massa di kota kedua terbesar Taez tersebut terjadi Rabu pagi antara kelompok anti-Presiden Ali Abdullah Saleh dengan pasukan pemerintah. Dalam bentrokan ini delapan warga sipil termasuk seorang anak 13 tahun tewas. Selain korban sipil, ditemukan juga jenazah dua orang bersenjata. Petugas medis setempat mengatakan, sedikitnya 43 orang mengalami luka-luka.

Sementara itu, kementerian dalam negeri mengatakan lima prajurit Yaman tewas dalam bentrokan tersebut. Pemerintah menuduh kelompok oposisi berada di belakang aksi berdarah tersebut.

Saksi mata dari warga masyarakat mengatakan mereka melihat orang-orang bersenjata pro-Presiden Saleh datang dan menyerang kelompok massa yang berdemo. Pasukan bersenjata berat itu membawa mortir dan tank yang tak hanya mengakibatkan tewasnya kaum pengunjuk rasa tapi juga merusak bangunan.

Sementara itu di Sanaa, bentrokan meletus hari Selasa (1/11) larut malam di kawasan distrik Hasaba. Kelompok bersenjata pendukung pemimpin suku berpengaruh Sheik Sadeq al-Ahmar menyerang kelompok lain. Kementerian dalam negeri dan petugas medis setempat mengatakan bentrokan tersebut menewaskan dua orang dan puluhan orang luka-luka.

Aksi demonstrasi menuntut pengunduran diri Presiden Saleh di Yaman sejak akhir Januari silam telah mengakibatkan ratusan orang tewas. (ANT/AFP/Vin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.