Sukses

Indonesia Bantu Satu Juta Dolar untuk Turki

Dana disumbangkan untuk membantu korban gempa bumi bersumber dari dana siap pakai Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Liputan6.com, Jakarta: Pemerintah Indonesia pada 2 November silam memberikan bantuan kemanusiaan sebesar US$ 1 juta kepada Pemerintah Turki. Dana disumbangkan untuk membantu korban gempa bumi. Bantuan bersumber dari dana siap pakai Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Bantuan diserahkan Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono kepada Dubes Turki HE Murat Adali.

Demikian rilis yang diterima Liputan6.com, Rabu (2/11). Pemerintah Turki juga telah meminta bantuan internasional terkait musibah ini. Di antaranya berupa tenda, rumah prefabrikasi dan kontainer.

Dalam hal itu, pada 31 Oktober silam di Kementerian Urusan Uni Eropa, Uni Eropa dan Bulan Sabit Merah Turki menandatangani kesepakatan hibah untuk penyediaan sekitar 1.200 unit perumahan sementara. Tempat tinggal ini mengakomodasi 6.000 orang yang menjadi tunawisma setelah gempa di Provinsi Van, Turki, berkekuatan 7,3 skala Richter [baca: Turki Hentikan Pencarian Korban Gempa].

Hingga saat ini bantuan internasional mencapai total US$ 63.440.860, termasuk US$ 50 juta disumbangkan Kerajaan Arab Saudi. Bantuan darurat terus meningkat dari hari ke hari dan saat ini ada tiga titik distribusi di kota. Saat ini kehidupan warga di Provinsi Van kembali normal. Toko-toko dan pasar juga telah beroperasi lagi.

Gempa bumi di Kota Van mengakibatkan 601 orang meninggal dan melukai 1.352 orang. Bangunan yang hancur mencapai 2.262 buah.

Saat ini cuaca tetap dingin, suhu bervariasi dari 6 derajat C di siang hari ke -2 derajat C pada malam hari. Sampai sekarang total 1.792 gempa susulan telah terjadi di daerah yang terkena.(AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.