Sukses

Pemerintah Terus Upayakan Tuti Bebas

Usaha diplomasi yang dilakukan untuk membebaskan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) Tuti Tursilawati dari hukuman pancung belum membuahkan hasil. Pemerintah berjanji terus berusaha melakukan lobi kepada keluarga korban.

Liputan6.com, Jakarta: Usaha diplomasi yang dilakukan untuk membebaskan Tenaga Kerja Indonesia di Arab Saudi, Tuti Tursilawati dari hukuman pancung belum membuahkan hasil. Pemerintah berjanji terus berusaha melakukan lobi kepada keluarga korban.

Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Muhaimin Iskandar yang kini sedang berada di Arab Saudi dalam wawancara langsung dengan Liputan 6 SCTV, Senin (31/10) mengatakan bahwa pemerintah terus melakukan pendekatan formal dan nonformal kepada pemerintah, tokoh agama dan juga keluarga korban.

Menurut Muhaimin, tim Satgas yang diketuai mantan Menteri Agama, Maftuh Basyuni, bersama Kemenakertrans dan Kementerian Luar Negeri, juga terus mengupayakan pembebasan Tuti. Namun, pihak keluarga korban masih belum bersedia memberikan maaf termasuk menerima diyat (uang darah). Mereka tetap minta agar Tuti dihukum qisas (hukuman setimpal sesuai perbuatannya). Pemberian maaf dari keluarga korban merupakan syarat mutlak pembebasan Tuti dari hukuman pancung sebagaimana hukum yang berlaku di Arab Saudi.

Muhaimin menambahkan pihaknya belum mengetahui secara pasti kapan tepatnya waktu pelaksanaan hukuman terhadap Tuti. Terlebih, pihak keluarga korban meminta hukuman terhadap Tuti dipercepat. (ADI/Vin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini