Jumlah Jemaah Haji yang Wafat 81 Orang

  • Sosial & Budaya
  • 1
  • 31 Okt 2011 11:14

111018ahaji-meninggal.jpg
Liputan6.com, Mekkah: Jumlah jamaah calon haji Indonesia yang wafat hingga Minggu (30/10) mencapai 81 orang yang terdiri atas 79 orang merupakan haji reguler dan dua orang haji khusus atau yang lebih dikenal ONH Plus.

Data Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kementerian Agama di Mekah, Minggu, menunjukkan jamaah wafat terbanyak berasal dari embarkasi SUB (Surabaya) sebanyak 15 orang, disusul embarkasi SOC (Solo) 13 orang, embarkasi MES (Medan), JKG (DKI Jakarta) serta JKS (Jawa Barat) masing-masing 10 orang, serta embarkasi UPG (Makassar) delapan orang.

Sementara jamaah calon haji Indonesia yang saat ini sudah berada di Arab Saudi mencapai 193.552 orang atau 95,72 persen. Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Mekah Arsyad Hidayat mengatakan, batas akhir (closing date) kedatangan jamaah calon haji sesuai keputusan Pemerintah Arab Saudi adalah tanggal 31 Oktober pukul 24.00 WAS atau 04.00 WIB tanggal 1 November.

"Setelah tanggal dan jam itu maka tidak ada lagi pesawat dan jamaah yang mendarat dan tiba di bandara udara di Jedah dan Madinah. Jadi seluruh kedatangan harus sebelum jam 24.00 waktu setempat," kata Arsyad.

Seluruh jamaah Indonesia yang tiba di Arab Saudi pada hari-hari terakhir ini menjelang puncak haji atau wukuf di Arafah, kata Arsyad, bergerak menuju Mekah sebagai persiapan pelaksanaan ke Arafah, Muzdalifah dan Mina.(Kemenag/ARI)

Like this article?

0 likes & 0 dislikes


Comments 1
Sign in to post a comment
Terpopuler