Sukses

Buruh Kumpulkan Massa untuk Kepung Gedung Sate

Buruh yang tergabung dalam Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia menyisir rekan-rekan mereka di tempat kerjanya di Kota Cimahi, untuk berunjuk rasa di kantor Gubernur Jabar.

Liputan6.com, Cimahi: Buruh yang tergabung dalam Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia wilayah Jawa Barat menyisir rekan-rekan mereka di tempat kerjanya di Kota Cimahi, Senin (31/10). Mereka bermaksud mengajak teman-teman bergabung untuk berunjuk rasa di kantor Gubernur Jabar.

Aksi sweeping ini sempat membuat kaget sejumlah buruh yang sedang bekerja di tempat masing-masing. Beberapa petugas satpam bahkan mencoba menghalau buruh yang sedang sweeping. Sia-sia, tindakan pengamanan beberapa satpam tak berhasil. Petugas menuruti permintaan pelaku sweeping untuk mengirimkan pekerjanya berunjuk rasa. Setiap perusahaan diminta perwakilan sebanyak 20 orang pekerja.

Demonstrasi ini untuk menuntut kenaikan upah buruh minimal sebesar 30 persen tahun 2012. Buruh juga menuntut diwujudkannya jaminan sosial dalam tanggungjawab negara. Bukan seperti Rancangan Undang-Undang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) dan Undang-Undang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) Nomor 40 Tahun 2004 yang dianggapnya melepas tanggungjawab negara dan bentuknya asuransi serta mewajibkan rakyat membayar.

Para buruh juga menolak diberlakukannya sistem kerja kontrak atau outsourching. Demonstran menuntut pula diberikannya kepastian kerja bagi buruh.(AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.