Sukses

Gempa 6,5 SR Guncang Lepas Pantai Taiwan

Getaran kuat terasa di seluruh pulau itu dan bangunan di Taipei, terguncang. Tapi, Dinas Pemadam Nasional menyatakan tak ada kerusakan ataupun korban.

Liputan6.com, Taipei: Gempa bumi berkekuatan 6,5 skala Richter mengguncang lepas pantai Taiwan bagian timur laut, Ahad (30/10). Gempa ini menggoyang banyak bangunan di ibu kota Taiwan, Taipei. Demikian diungkapkan petugas seismologi negeri itu.

Kendati demikian, sejauh ini belum ada laporan mengenai kerusakan ataupun peringatan tsunami. Sementara, Badan Survei Geologi Amerikas Serikat (USGS) mengukur kekuatan gempa adalah 5,5 pada skala Richter.

Seperti dilansir AFP, Pusat Seismologi mengungkapkan, gempa dengan pusat di bawah laut tersebut terjadi pukul 11.23 waktu setempat (10.23 WIB) sekitar 141,4 kilometer di sebelah timur Kota Keelung di Taiwan utara. Gempa berkedalaman 221,4 kilometer.

Getaran kuat terasa di seluruh pulau itu dan bangunan di Taipei, terguncang. Tapi, Dinas Pemadam Nasional menyatakan tak ada kerusakan ataupun korban.

Taiwan kerap diguncang gempa, sebab pulau itu berada di dekat persimpangan dua lempeng tektonik. Pada September 1999, gempa dengan kekuatan 7,6 SR menewaskan sebanyak 2.400 orang. Itu adalah bencana alam paling mematikan dalam sejarah negara pulau tersebut belakangan ini.(ANS/Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.