Sukses

Cuaca Ekstrim, Warga Diimbau Waspada

Dinas Pertamanan DKI Jakarta mengimbau warga untuk menghindar dari bawah pohon besar saat terjadi hujan lebat disertai angin kencang. Bila menjadi korban pohon tumbang, warga bisa mengajukan klaim ke Dinas Pertamanan DKI Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta: Cuaca ekstrim, termasuk angin kencang kemungkinan masih akan melanda Jakarta dan sejumlah daerah lain. Karena itu, Dinas Pertamanan DKI Jakarta, Kamis (27/10), mengimbau warga untuk lebih waspada. Bila turun hujan lebat, warga sebaiknya menghindar dari bawah pohon besar. Bila menjadi korban pohon tumbang, warga bisa mengajukan klaim ke Dinas Pertamanan DKI Jakarta.

Kemarin, hujan lebat disertai angin kencang menumbangkan pohon beringin setinggi sekitar 70 meter hingga menghalangi Jalan Borobudur, Menteng, Jakarta Pusat. Sebuah pohon besar juga tumbang di Jalan Raya Cilandak, Jakarta Selatan. Batang pohon menimpa satu unit mobil dan sepeda motor serta menghalangi jalan hingga menyebabkan kemacetan parah.

Selain di Jakarta, angin kencang juga melanda banyak daerah lain. Hujan deras beserta angin kencang selama sekitar enam jam di Depok, Jawa Barat, menyebabkan papan rambu jalan menuju kampus Universitas Depok roboh. Di Sukabumi, Jabar, sebuah pohon besar tumbang dan menimpa pos jaga berisi empat orang di Jalan Raya Cikembang. Satu orang terluka.

Hujan deras disertai angin kencang yang mengguyur Purwakarta, Jabar, menumbangkan dua pohon besar dan menimpa dua kendaraan. Sementara di Ciamis, Jabar, sekitar 40 rumah rusak di tiga lokasi yang berbeda setelah dilanda hujan deras disertai puting beliung.

Sementara hujan deras bersama puting beliung di Desa Dawuhan Kulon, Banyumas, Jawa Tengah, menghancukan puluhan kandang ayam. Sekitar 150 ribu ayam tertimbun reruntuhan kandang dan mengakibatkan kerugian ratusan juta rupiah.(BOG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.