Sukses

Ical: Persoalan Papua Itu Masalah Internal Indonesia

Ketua Umum Golkar Aburizal Bakrie mengatakan permasalahan yang terjadi di Papua bukan isu internasional. Untuk itu, ia berharap pemerintah mampu menyelesaikan persoalan tersebut.

Liputan6.com, Jakarta: Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie menjelaskan permasalahan yang terjadi di Papua kini bukan sebuah isu Internasional, melainkan masalah internal Indonesia yang dapat diselesaikan dengan cara sendiri. Hal tersebut diucapkan Ical--sapaan akrab Aburizal Bakrie--saat menanggapi tragedi pembacaan proklamasi berdirinya negara transisi di Papua yang dilakukan sekelompok orang.

Bukan hanya itu, isu tersebut juga langsung ditanggapi oleh beberapa negara serta menciptakan kesan bahwa persoalan Papua adalah sebuah isu Internasional.

"Oleh karena itu, Partai Golkar harus berdiri di garis terdepan untuk menyerukan bahwa Papua adalah urusan dan masalah dalam negeri Indonesia dan bukan sebuah isu internasional," seru Ical saat memberikan pidato pengarahannya pada saat pembukaan acara Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) II Partai Golkar di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta Utara, Rabu (26/10).

Lebih lanjut Ical menyerukan partainya juga mendorong seluruh masyrakat Indonesia mengajak sekelompok orang yang memproklamasikan negara transisi tersebut untuk kembali ke pangkuan Ibu Pertiwi. "Kita mencintai Papua, Papua adalah Indonesia, dan Indonesia adalah Papua, berikut ribuan pulau dan suku bangsa lainnya yang membentuk mozaik ke-Indonesiaan," tuturnya.

Ical juga menyerukan bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia atau NKRI adalah harga mati, dan integrasi Indonesia adalah segala-galanya. Namun demikian, pemerintah juga harus arif dan berjiwa besar dalam mengatasi persoalan seperti yang terjadi di Papua. "Kita harus merangkul dan sungguh-sungguh menciptakan kedamaian serta membangun perekonomian di Tanah Papua yang masih tertinggal," ucapnya.(BJK/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini