Sukses

BPPTK Pasang Alat Sensor Curah Hujan

BPPT Yogyakarta memasang alat sensor curah hujan di beberapa titik lereng Gunung Merapi. Alat ini akan memberikan peringatan dini pada warga lereng Merapi.

Liputan6.com, Yogyakarta: Petugas Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kegunungapian (BPPT) Yogyakarta, Rabu (26/10), memasang alat sensor curah hujan di sejumlah titik di hulu sungai di lereng Gunung Merapi. Alat sensor ini berguna untuk mengukur tingginya curah hujan di sekitar lereng Merapi. Alat ini juga dilengkapi sistem deteksi lahar yang berfungsi untuk memberikan laporan adanya getaran akibat aliran lahar dingin.

Dengan alat ini diharapkan peringatan dini pada warga yang tinggal di lereng Gunung Merapi maupun warga yang tinggal di sekitar bantaran sungai yang berhulu di Merapi bisa segera disampaikan. Dengan begitu warga bisa lebih siap menghadapinya.

Memasuki musim penghujan ini, banjir lahar dingin Merapi memang menjadi ancaman serius bagi warga di sekitar sungai. Saat ini sedikitnya masih terdapat 90 juta meter kubik material letusan di puncak Merapi. Material vulkanik ini sewaktu-waktu bisa mengalir ke sungai jika turun hujan di puncak Merapi.(IAN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini