Sukses

Warga Tanah Merah Minta Gubernur DKI Dicopot

Ribuan warga Tanah Merah, Koja, Jakut, berunjuk rasa menuntut Mendagri mencopot jabatan Gubernur DKI dan Wali Kota Jakut. Selama puluhan tahun warga tinggal di wilayah tersebut, hingga kini tak juga mendapatkan KTP Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta: Ribuan warga Tanah Merah, Koja, Jakarta Utara, sambil membawa spanduk dan poster berisi kecaman pada Gubernur DKI Jakarta dan Wali Kota Jakarta Utara, berjalan kaki dari Tugu Monas menuju Gedung Kementerian Dalam Negeri, Rabu (26/10). Warga mendesak Kemendagri mencopot jabatan Gubernur DKI Fauzi Bowo dan Wali Kota Jakut Bambang Sugiono karena hingga kini Pemprov DKI tidak mengakui adanya keberadaan puluhan ribu warga yang tinggal di wilayah Tanah Merah, Koja.

Akibatnya, warga yang tidak mempunyai identitas dirugikan karena kesulitan mendapat pendidikan dan pekerjaan. Warga juga minta Kemendagri segera mengeluarkan perintah pada Wali Kota Jakut agar segera mendata mereka dan mendapatkan pengakuan catatan sipil melalui KTP elektronik.

Sejauh ini warga Tanah Merah belum pernah mendapat pengakuan Pemprov Jakarta. Itu karena lokasi tanah puluhan hektare yang mereka tempati merupakan tanah milik Pertamina.(IAN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini