Sukses

Indonesia Bercita Rasa Malaysia di Perbatasan

Indonesia namun rasa Malaysia, inilah yang terjadi di perbatasan Indonesia-Malaysia, seperti Pasar Aji Kuning di Pulau Sebatik, Kalimantan Timur.

Liputan6.com, Pulau Sebatik: Indonesia namun rasa Malaysia, inilah yang terjadi di perbatasan Indonesia-Malaysia, khususnya di pasar-pasar tradisional seperti Pasar Aji Kuning di Pulau Sebatik, Kalimantan Timur. Betapa tidak, para pedagang dan pembeli sama-sama warga negara Indonesia, namun semuanya terasa seperti Malaysia.

Rasa Malaysia itu muncul karena berbagai kebutuhan yang mereka punya berasal dari Malaysia, seperti gula, tepung, dan kebutuhan pokok lainnya. Bahkan, uang yang mereka pegang juga ringgit alias mata uang Malaysia.

Bagi para pedagang tentu saja Malaysia lebih mereka kenal karena ketergantungan kepada negara itu jauh lebih besar dari Indonesia. Pasalnya, setiap hari mereka harus bolak-balik ke Malaysia.

Jadi, bisa dimaklumi kalau ribut-ribut soal perbatasan Malaysia-Indonesia WNI yang tinggal di perbatasan bukanlah berita besar yang mereka pusingkan. Justru yang ditakutkan jika ada pembatasan bagi pelintas batas, karena selama ini warga perbatasan sangat bergantung dengan pasokan kebutuhan dari Malaysia.(ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.