Sukses

Demokrat Berharap Koalisinya dengan PKS Terus Berlanjut

Partai Demokrat berharap koalisi yang dibangun dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) terus berlanjut hingga 2014 mendatang.

Liputan6.com, Jakarta: Partai Demokrat berharap koalisi yang dibangun dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) terus berlanjut hingga 2014 mendatang. Akan tetapi bila PKS mengambil keputusan untuk berjalan sendiri, maka Demokrat tidak bisa menghalanginya. Hal itu disampaikan Ketua Fraksi Demokrat, Jafar Hafsah kepada wartawan di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (20/19).

Jafar mengatakan, koalisi yang dibentuk Presiden bertujuan memantapkan pemerintahan yang dinakhodai Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sendiri. Karena itulah, koalisi lantas dibangun di parlemen dan pemerintahan.

Ketika disinggung, presiden melanggar isi kontrak koalisi dengan PKS? Jafar menegaskan, "Jadi presiden di dalam menentukan kabinet kan hak prerogatif. Intinya itu!" Jafar melanjutkan, salah satu bentuk koalisi antara presiden dengan koalisi adalah anggota koalisi didudukkan di kabinet. Dalam hal itu, ada semacam kesepakatan dengan persyaratan di dalamnya. "Karena itu anggota kabinet yang diganti baik dari koalisi maupun dari profesional sangat tergantung dari performanya dan dari presiden," kata Jafar lagi.(BJK/ARI)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.