Kesempatan Kerja Musiman di Musim Haji

  • Sosial & Budaya
  • 0
  • 12 Okt 2011 10:02

110309ctkw.jpg
Liputan6.com, Mekah: Musim ibadah haji ternyata juga mendatang kesempatan kerja bagi banyak orang. Perusahaan sektor publik dan swasta di Makkah, Arab Saudi, menawarkan banyak pekerjaan musiman selama periode haji tahun ini. Seperti diwartakan laman Arabnews Selasa (11/10). Tak hanya terbatas bagi warga Saudi dan ekspatriat, Bahkan bagi mereka yang tidak memegang ijin tinggal resmi (iqamas) pun, diperbolehkan mengambil kesempatan ini selama 1 bulan musim haji.

Menurut seorang sumber yang terlibat dalam pelayanan haji, kesempatan kerja meningkat karena adanya sejumlah proyek pembangunan baru di Makkah dan tempat-tempat suci. Salah perusahaan yang menawarkan pekerjaan musiman adalah Sulaiman Abu Ghelya, Ketua Kantor Serikat Zamzam.

Ia bertanggung jawab untuk mendistribusikan air Zamzam untuk jamaah haji. Setiap tahunnya, perusahaan ini menawarkan ribuan pekerjaan untuk kaum muda di Saudi, bahkan bagi orang yang tidak berpendidikan. Mereka pun akan mendapatkan uang dan pengalaman.

Abu Ghelya meminta para pemuda Saudi untuk mengambil kesempatan ini. Selain mengambil pekerjaan musiman, dan dapat menghasilkan uang, mereka juga harus melayani para jamaah haji.

Selain Kantor Serikat Zamzam, direktur Pembentukan Tawafa non-Arab Afrika, Abdul Wahid Seifuddin, juga mengatakan bahwa dari enam perusahaan milik Tawafa, akan menawarkan sekitar 3.000 pekerjaan musiman. Yang tentunya memiliki hubungan untuk melayani jamaah haji di berbagai bidang.

Khaled Bashaddadh, seorang guru yang bekerja di Jeddah dan tinggal di Makkah, mengatakan ia sangat menyukai pekerjaan musiman agar mendapatkan uang ekstra dari melayani para jamaah haji. Pekerjaan musiman itu dilakukan usai tengah malam, dan berlanjut hingga dini hari.

Selain Bashaddadh, para warga yang lain pun antusias menunggu momen musim haji ini. Karena pada momen ini, mereka dapat melayani jamaah haji dengan menyediakan teh atau kopi, serta menyewakan mobil pribadi mereka untuk berkeliling. Yang tentunya membuatpenghasilan mereka bertambah. (Arabnews/ARI)

Like this article?

0 likes & 0 dislikes


Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler