Sukses

Tuna Rungu dengan Segudang Prestasi

Liputan6.com, Jakarta: Dian Inggrawati Soebangil memang luar biasa. Terlahir dengan keterbatasan, tak membuat dia membatasi hidupnya. Dian malah memerangi keterbatasan yang ada dan meraih sederet prestasi menganggumkan.

Menurut Ratih Prasidhawati Hermawan, ibunda Dian, sejak kecil putrinya sudah menunjukkan berbagai bakat. Lebih dari 400 piala untuk lomba lukis, tari, masak, dan fashion show diraih wanita berusia 27 tahun itu.

"Dia harus percaya diri. Itu yang saya tanamkan kepada dia. Jika orang lain bisa, dia juga bisa," kata Ratih.

Ratih mengungkapkan, sewaktu mengandung Dian delapan bulan, dirinya terjatuh dalam selokan. Musibah itu ternyata merusak gendang telinga Dian. Anaknya hanya bisa mendengar suara yang sangat keras.

Namun Dian tak minder. "Saya memiliki telinga kiri 90 desibel, kalau kanan hanya 55 desibel. Tapi telinga kiri tetap bisa mendengar, kalau telinga kanan sudah tidak bisa mendengar," ujar Dian.

Prestasi Dian seolah tak bisa dibendung. Pada Juli 2011, ia mengikuti kontes Miss Deaf World di Praha, Chechoslovakiam dan berhasil meraih second runner up atau juara ketiga. Padahal ini pertama kali Indonesia ikut serta dalam ajang internasional yang diikuti 38 negara tersebut.

"Semua orang bertepuk tangan saat itu. Saya sampai tak percaya jika anak yang berdiri di depan itu Dian," ujar Ratih.

Dalam ajang tersebut, sarjana desain komunikasi visual ini membawakan tarian Betawi dengan pesan khusus kepada dunia. "perasaan saya senang dan saya sangat bangga mewakili Indonesia karena itu mengharumkan nama Indonesia. Saya benar-benar percaya diri karena inspirasi bagi semua orang," ungkap Dian.

Sambil terus memotivasi kaum difabel, hari-hari Dian kini diisi dengan melakukan kegiatan yang ia sukai. Dian biasa menjahit, merajut, menggambar, atau mendesain di komputer. Dia jgua kerap berolah raga, seperti lari pagi dan berenang.

Dian berencana membuka rumah mode khusus tuna rungu dan menyelenggarakan pemilihan Putri Tuna Rungu Indonesia. Hal ini untuk mempersiapkan penerusnya di Miss Deaf World agar ada yang kembali mengharumkan nama Indonesia di mata dunia.(ULF)
    Artikel Selanjutnya
    Proyek Bersama Andin Komalla dan Surya Sahetapy, Anak Dewi Yull
    Artikel Selanjutnya
    Shaffa Marceau Kunto Harumkan Nama Bangsa di Musik Paduan Suara