Sukses

Pengamanan Masuk ke Kota Mekkah Diperketat

Para petugas PPIH Arab Saudi 1432 H yang sudah sekitar 10 hari di Jeddah, hingga Kamis (6/10) masih belum banyak yang memperoleh pas masuk Bandara Internasional King Abdul Aziz. Hal ini akibat ketatnya pengawasan dan penjagaan pihak keamanan Arab Saudi.

Liputan6.com, Jeddah: Para petugas PPIH Arab Saudi 1432 H yang sudah sekitar 10 hari di Jeddah, hingga Kamis (6/10) masih belum banyak yang memperoleh pas masuk Bandara Internasional King Abdul Aziz. Hal ini akibat ketatnya pengawasan dan penjagaan pihak keamanan Arab Saudi.

Menjelang pelaksanaan ibadah haji tahun 2011, pengamanan di Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah dan jalan akses menuju Kota Mekkah Al Mukaromah semakin diperketat. Aparat keamanan Kerajaan Arab Saudi mengawasi setiap kendaraan dan orang yang akan masuk bandara atau menuju Kota Mekkah.

Pasukan yang mengenakan baret merah dan seragam pakaian dinas lapangan gurun pasir memeriksa orang dan kendaraan yang akan menuju Bandara dan jalan-jalan menuju Mekkah. Kendaraan yang menuju ke Bandara Internasional King Abdul Aziz harus dilengkapi stiker khusus dan pengemudi serta penumpangnya harus memiliki pas yang dikeluarkan oleh pihak pemerintahan.
 
Sementara jalan-jalan tertentu menuju Kota Mekkah terdapat pos-pos pengecekan. Pasukan-pasukan yang juga bersenjata AK menjaga dan mengawasi lalu-lintas kendaraan dan orang yang melalui jalan itu. Kendaraan besar, seperti kontainer biasanya dihentikan dan diperiksa.

Menurut pantauan Media Center Haji di Jeddah, suasana di Masjidil Haram Mekkah Al Mukaromah mulai dipadati oleh jamaah calon haji dari negara-negara selain Indonesia, seperti dari Pakistan dan Bangladesh. Terik panas matahari yang menyengat tidak menyurutkan jamaah itu dalam beribadah.

Cuaca di Jeddah dan Makkah masih tetap panas, meski terkadang terlihat mendung dan angina berembus kencang. Menurut prakiraan, cuaca di Arab Saudi terutama di Makkah cenderung mulai sejuk. Bahkan beberapa hari mendatang kemungkinan akan turun hujan, seperti beberapa hari lalu di Makkah terjadi hujan es. (Kemenag/ARI)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.