Aktivitas Ekonomi di Ilaga Lumpuh Total

  • Hukum & Kriminal
  • 0
  • 06 Okt 2011 13:07

111006bpapua-ilaga.jpg
Liputan6.com, Jayapura: Hingga Kamis (6/10) siang, situasi di Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua, masih memanas. Warga dengan peralatan perang seperti parang, panah, dan tombak, masih terus berjaga-jaga di setiap sudut kota. 
 
Akibatnya, penduduk pendatang dan pegawai negeri terpaksa mengungsi dari Ilaga. Kondisi ini mengakibatkan roda pemerintahan termasuk sekolah dan pelayanan kesehatan tidak berjalan. Para kepala dinas putra asli daerah pun ikut mengungsi lantaran takut diserang warga.
 
Ketua Komisi Pemilihan Umum dan anggotanya berserta Panitia Pengawas Pemilu yang seharusnya melakukan proses pilkada juga langsung mengungsi sejak kerusuhan terjadi Juli lalu. Aktivitas ekonomi di wilayah ini pun lumpuh total. Bahkan, pembangunan di daerah pemekaran terpaksa dihentikan karena para pekerja ketakutan. 
 
Kisruh pilkada pada pemilihan bupati definitif pertama di Kabupaten Puncak terjadi sejak 31 Juli lalu. Kubu yang berseteru adalah pasangan Simon Alom dan Elvis Tabuni yang hendak maju menjadi calon bupati dan wakil bupati. Pertikaian itu sudah merengut 26 korban jiwa, puluhan luka-luka, serta membakar rumah maupun mobil [baca: Warga di Puncak Jaya Bentrok, 17 Tewas].(APY/ADO)
 



Like this article?

0 likes & 0 dislikes


Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler