Sukses

Evakuasi Selesai, Anggota Paskhas Tiba di Medan

Sebanyak 62 anggota Pasukan Khas TNI Pangkalan Udara Medan, yang tergabung dalam tim evakuasi jatuhnya pesawat CASA 212-200, kembali dari Bahorok, Langkat, menggunakan helikopter.

Liputan6.com, Medan: Sebanyak 62 anggota Pasukan Khas TNI Pangkalan Udara Medan, Sumatra Utara, yang tergabung dalam tim evakuasi jatuhnya pesawat CASA 212-200, Selasa (4/10) petang kembali dari Bahorok, Langkat, menggunakan helikopter. Kedatangan tim evakuasi pimpinan Kapten Falah ini disambut Komandan Pangkalan Udara dan Kepala Basarnas Sumut.

Anggota tim evakuasi ini merupakan orang-orang yang pertama kali tiba di lokasi jatuhnya pesawat CASA 212-200. Serda Dian Iriyanto yang paling awal tiba di lokasi diturunkan dari helikopter dengan tali pada Jumat siang lalu. Kondisi medan dan cuaca ekstrim menjadi penghambat tim Paskhas, sehingga evakuasi jasad penumpang dan awak baru dapat dirampungkan pada Ahad petang.

Tim evakuasi ini menemukan badan pesawat dalam keadaan tertusuk pohon besar dan tua. Berbeda dengan pernyataan Kepala Basarnas, tim evakuasi menyatakan seluruh penumpang tewas dalam keadaan menumpuk di sekitar kabin pesawat sehingga mengakibatkan kesulitan mengevakuasi penumpang yang duduk di VIP. Hanya pilot dan kopilot yang ditemukan tewas terduduk.

Sedangkan pascadibekukannya Aircraft Operator Certificate (AOC) milik Nusantara Buana Air oleh Kementerian Perhubungan pascajatuhnya pesawat CASA 212-200 Kamis lalu, kantor cabang NBA di Jalan Brigjend Katamso Medan hingga Selasa malam masih beroperasi. Sejumlah karyawan masih beraktivitas seperti biasa di kantor NBA yang terletak dekat Istana Maimun itu.

Pascamusibah jatuhnya pesawat, kantor cabang NBA hanya menghentikan sementara jadwal penerbangan untuk rute Medan-Kutacane. Sedang penerbangan dengan rute ke daerah lain dipastikan masih lancar.(ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini