Sukses

India Uji Coba Rudal Agni-II

Uji tembak rudal ini sebagai bagian dari percobaan pengguna militer di Pulau Wheeler lepas pantai Orissa.

Liputan6.com, New Delhi: India mengujicobakan peluru kendali (rudal) balistik dari permukaan ke permukaan Agni-II India yang berkemampuan nuklir, dengan jarak serang 2.000 kilometer. Uji tembak pada Jumat (30/9) ini sebagai bagian dari percobaan pengguna militer di Pulau Wheeler lepas pantai Orissa.

Rudal buatan dalam negeri itu ditembakkan oleh personel Komando Pasukan Strategis (SFC) Angkatan Bersenjata dari Kompleks Uji Peluncuran Terpadu IV (ITR) pada sekitar pukul 09.30 waktu setempat. Demikian dilansir Kantor Berita India PTI mengutip sumber-sumber pertahanan.

Agni-II, dikembangkan sebagai salah satu sistem senjata utama program pencegahan nuklir, sudah di bawah produksi dan telah disahkan di dalam Angkatan Bersenjata India. Bahan bakar dua-tahap yang solid pendorong rudal Agni-II, dikembangkan oleh Laboratorium Advanced System (ASL) dan laboratorium DRDO lainnya, memiliki panjang 20 meter, dan diameter satu meter serta berat sekitar 17 ton.

Perangkat itu dilengkapi dengan sistem navigasi khusus untuk mencapai tingkat akurasi yang tinggi. Sistem ini juga dilengkapi dengan tindakan pencegahan pertahanan anti-balistik. Perangkat ini dapat diangkut baik dengan kereta api maupun jalan raya.

Pengujian terakhir dijadwalkan pada 29 Agustus tahun ini, tapi dibatalkan karena beberapa masalah teknis. Satu percobaan pengguna dari rudal itu dilakukan pada 17 Mei tahun lalu dari pangkalan yang sama dan dinilai berhasil.(ANS/Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.