Sukses

Belajar Kharakter dari Rumah Topeng

Tahukah Anda bahwa setiap daerah memiliki ciri khas tersendiri dalam karya topengnya? Topeng tak sekadar topeng hiasan tanpa makna. Topeng ternyata merupakan karya seni yang bisa menjadi suatu simbol kharakter manusia.

Liputan6.com, Gianyar: Tahukah Anda bahwa setiap daerah memiliki ciri khas tersendiri dalam karya topengnya?

Topeng tak sekadar topeng hiasan tanpa makna. Topeng ternyata merupakan karya seni yang bisa menjadi suatu simbol kharakter manusia. Ada pesan kehidupan dalam karya seni topeng. Itulah yang menjadi alasan seorang pecinta seni di Gianyar, Bali membuka rumah topeng. Selain untuk menarik wisatawan, rumah topeng juga tempat untuk mengenal ragam ekspresi.

Jika Anda mempunyai minat belajar tentang topeng dari berbagai daerah, tak perlu berkeliling nusantara. Datanglah ke rumah topeng dengan luas 1,4 Ha di Gianyar. Rumah topeng yang terletak di Banjar Tengkulak Tengah, Desa Kemenu, Sukowati ini dibuka 1988 lampau. Agus Prayitno sang pemilik mengoleksi 1060 topeng yang terdiri dari topeng seni pertunjukan dan topeng untuk upacara ritual.

Selain topeng yang merupakan karya seni dari wilayah di nusantara, juga ada topeng-topeng yang berasal dari mancanegara termasuk Afrika. (Vin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.