Kopaska dan US Navy Latihan Tempur

  • Politik
  • 0
  • 28 Sep 2011 08:02

110928alatgab-tni.jpg
Liputan6.com, Banyuwangi: Komando Pasukan Katak (Kopaska) dan Angkatan Laur Amerika Serikat (US Navy) menggelar latihan bersama di Pangkalan TNI Angkatan Laut Banyuwangi, Jawa Timur, Selasa (27/9) malam. Latihan bersama ini dalam rangka kerja sama bilateral Indonesia dan AS.

Latihan dengan sandi, Flash Iron 11-2, Join Combined Exchanged Training (JCET) 2011 itu adalah menggelar simulasi pembebasan penumpang VVIP kapal very yang disandra bajak laut di perairan Selat Bali. Pembebasan sandera dimulai dengan diterjunkannya pasukan gabungan dari helikopter.

Pasukan selanjutnya menguasai anjungan kapal dan melakukan penyelamatan penumpang yang sedang dibajak. Kurang dari 15 menit, pasukan Kopaska dan US Navy yang bersenjata lengkap berhasil menguasi kapal dan menyelamatkan para penumpang VVIP serta meringkus para pembajak.

Usai latihan dilakukan upacara penyematan brevet kepada lima pati bintang dua yang sebelumya ikut melaksanakan tempur dalam pembebasan pembajak. Kekuatan Kopaska yang ikut latihan bersama sebanyak 90 personel sedangkan dari US Navy 11 personel. Latihan bersama yang rutin digelar setiap dua kali dalam setahun itu diharapkan berdampak positif guna membina dan meningkatkan hubungan diplomasi kedua negara.(JUM)
Terpopuler