Sukses

Polisi Bongkar Sindikat Narkotika Afrika Barat

Mabes Polri membongkar jaringan narkotika Afrika Barat. Petugas mengamankan shabu seberat 91 gram, 140 gram heroin, dan 110 gram ganja.

Liputan6.com, Jakarta: Direktorat IV Narkoba Mabes Polri membongkar jaringan narkotika Afrika Barat setelah membekuk enam pengedar di Jakarta, dini hari tadi. Para tersangka yang berasal dari Indonesia antara lain Tiar Cornia, Diany Theresia Elisabeth, Zulkifli alias Dun, dan Jamal. Sedangkan tersangka asal Malasyia bernama Sakaria bin Jahidi dan Zuraimi bin Abd Ghani.

"Masing-masing tersangka yang berasal dari Indonesia ditangkap di rumahnya. Tersangka dari Malaysia ditangkap di Hotel Fiducia, Pasar Minggu, Jakarta Selatan," ujar Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Ketut Untung Yoga di jumpa pers di kantor Badan Narkotika Nasional, Jakarta Timur, Kamis (15/9).

Barang bukti yang diamankan berupa narkotika jenis shabu seberat 91 gram, yang dikemas dalam 16 kapsul. Terdapat pula 140 gram heroin dalam sebuah plastik dan ganja 110 gram berbungkus koran.

"Untuk barang bukti yang sudah beredar diantaranya heroin sebanyak 200 gram di wilayah Bali, 800 gram shabu (68 kapsul) di wilayah Surabaya dan untuk wilayah Jakarta ada shabu sebanyak 780 gram dalam bentuk 66 kapsul," jelasnya.

Untuk mengelabui petugas, para tersangka menelan barang bukti. Beberapa kapsul bahkan nekat dimasukkan melalui lubang anus. Yoga menjelaskan, sindikat dikendalikan warga negara Nigeria Mr. Brother Brit dan Mr. Grace asal Subang, Malasyia.

Hingga saat ini, anggota jaringan lainnya masih berada dalam Daftar Pencarian Orang (DPO). Mereka adalah empat warga Nigeria dan dua warga pribumi. "Dua orang WNI bernama Sasa dan Jamal. Dan yang warga negara Nigeria ada Mr. Brit, Mr. Grace, Mr. Junior, dan Mr. Beni," papar Yoga.(WIL/MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.