Sukses

Taliban Serang Kedubes AS

Taliban menembakkan roket ke Kedubes AS dan markas NATO di Kabul, Afghanistan, Selasa (13/9). Selain itu, mereka juga menyerang polisi tiga daerah lainnya dalam serangan terbesar kelompok pemberontak di ibukota Afghanistan itu.

Liputan6.com, Kabul: Taliban menembakkan roket ke Kedubes AS dan markas NATO di Kabul, Afghanistan, pada Selasa (13/9). Selain itu, mereka juga menyerang polisi tiga daerah lainnya dalam serangan terbesar kelompok pemberontak di ibukota Afghanistan itu. Demikian yang dikatakan juru bicara Kementerian Dalam Negeri.

Seperti dilansir Reuters, setidaknya 9 orang tewas dan 23 cedera dalam empat serangan itu. Pertempuran senjata juga terjadi di sekitar sebuah bangunan bertingkat tinggi di malam harinya. Para pejuang Taliban memilih target utama dengan lokasi strategis dan dijaga ketat yang dilakukan terkoordinasi dengan baik.

Kemampuan mereka untuk menembakkan artileri di sekitar distrik diplomatik itu jelas menunjukkan kekuatan mereka pada saat pasukan pimpinan NATO mengklaim pemulihan keamanan yang signifikan dan mempersiapkan diri untuk keluar Aghanistan pada 2014. Meski Taliban telah menyerang beberapa sasaran di Kabul pada masa lalu, ini adalah pertama kalinya mereka mengorganisir serangan simultan di area terpisah.

Sebuah tim terdiri lima pemberontak mengambil alih sebuah pusat perbelanjaan yang sedang dibangun di pinggiran kawasan diplomatik Kabul dengan senjata-senjata seperti peluncur roket, granat, dan senapan AK-47. Ledakan itu diselingi dengan suara tembakan sepanjang sore dan beberapa roket mendarat di distrik Wazir Akbar Khan, di dekat kedutaan Inggris. (YUS)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.