Sukses

Aksi Reog Tujuh Hari Tujuh Malam di Sumut

Kesenian Reog Ponorogo tak melulu berkembang di Jawa Timur. Di Desa Kota Pari, Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara kesenian khas Ponorogo itu digelar bersama berbagai kesenian Jawa Timur lainnya selama tujuh hari tujuh malam.

Liputan6.com, Serdang Pedagai: Kesenian Reog Ponorogo tak melulu berkembang di Jawa Timur. Di Desa Kota Pari, Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara kesenian khas Ponorogo itu digelar bersama berbagai kesenian Jawa Timur lainnya selama tujuh hari tujuh malam.

Warga desa sangat antusias menyambut pergelaran seni asal Jawa Timur itu yang mulai dilaksanakan Sabtu (10/9). Pergelaran seni ini merupakan wujud upaya pelestarian sekaligus hiburan bagi warga yang berkunjung ke lokasi wisata Pantai Cermin.

Pimpinan kelompok kesenian Reog, Untung mengatakan pergelaran seni khususnya Reog dimaksudkan untuk menghibur masyarakat dan memperkenalkan kepada anak-anak, sekaligus melestarikan seni asli Indonesia. Kesenian asli Indonesia harus diamankan agar tak diklaim milik negara lain.

Selain Reog, kesenian khas Jawa Timuran lainnya yang turut dipergelarkan adalah ludruk, wayang kulit, dan campur sari. (Vin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.