Sukses

Mutasi Kejaksaan, Arnold Angkouw Jadi Dirdik Pidsus

Jaksa Agung Basrief Arief melantik 19 pejabat eselon II di Lingkungan Kejaksaan Agung, di Sasana Baharuddin Lopa, Kejagung, Jakarta, Rabu (7/9).

Liputan6.com, Jakarta : Jaksa Agung Basrief Arief melantik 19 pejabat eselon II di Lingkungan Kejaksaan Agung, di Sasana Baharuddin Lopa, Kejagung, Jakarta, Rabu (7/9). Beberapa pejabat pun dimutasi. Salah satunya yakni Direktur Penyidikan pada Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (Jampidsus) Jasman Panjaitan dan Arnold Angkouw.

Jasman Panjaitan dimutasi menjadi Kepala Kejaksaan Tinggi Kalimantan Barat yang masuk dalam kategori kelas II B. Sedangkan, posisi Jasman diisi oleh mantan Direktur penuntutan pada Jampidsus Arnold Angkouw.

Pelantikan para pejabat Eselon II ini didasarkan pada Surat Perintah Jaksa Agung RI Nomor: PRIN-099/A/JA/08/2011 tanggal 24 Agustus 2011.

Menurut Jaksa Agung Basrief Arief pelantikan serta serah terima jabatan eselon II di lingkungan Kejagung dan pejabat kajati merupakan bagian dalam reformasi birokrasi di kejagung.

"Sebagaimana biasanya bahwa upacara pelantikan serah terima jabatan ini kita lakukan secara bergulir dan terus menerus. Sampai kepada apa yang menjadi satu yang kita masukan dalam reformasi birokrasi sampai pada tujuannya," kata Basrief usai pelantikan.

Selain Jasman yang dilantik, staf ahli Jaksa Agung Muhammad Salim yang pernah tersandung kasus Suap Jaksa Urip Tri Gunawan dilantik menjadi Kejati Nusa Tenggara Barat mengantikan Didik Darmanto. Salim, saat itu menjabat Direktur Penyidikan pada Jampidsus dikenai sanksi disiplin berupa teguran terkait kasus suap Artalyta Suryani.

Selain Salim, Direktur Tindak Pidana Terhadap Keamanan Negara pada Jaksa Agung Muda Pidana Umum Pohan Laspy dimutasi menjadi Kepala Kejati Lampung. Pohan Laspy sendiri, pernah tersandung kasus pemalsuan surat tuntutan (rentut) terdakwa Gayus H Tambunan. Ia pun dijatuhi sanksi disiplin ringan berupa teguran tertulis karena tidak teliti dalam menandatangani rentut Gayus yang berujung pada divonis bebasnya Gayus di PN Tangerang.

Selain empat pejabat tinggi yang dilantik Jaksa Agung, sejumlah pejabat lainnya yang menempati posisi strategis pun dilantik yakni Sekteratsis Jaksa Agung Muda (sesjam) Pidum, Sesjam Intelijen, Sesjam Datun, Kajati Jatim, Kajati Jateng, Kajati Sumsel, Kajati Kepri, Kajati Lampung, Kajati NTB, Kajati Kalbar, Dir Tut Pidsus, Dir Tut Pidum, Dir Dik Pidsus, Dir Uheksi Pidsus, Karo Hukum dan Kapuslitbang. Serta dua Inspektur di Jamwas.(MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini