Sukses

Kabut Asap Selimuti Solok

Sejak dua hari terakhir, kabut asap menyelimuti Kota Solok, Sumatera Barat, sehingga jarak pandang hanya 500 meter. Diduga kabut asap dipicu kebakaran 1.300 hektare lahan gambut di Tanjung Jabung Timur, Jambi.

Liputan6.com, Padang: Sejak dua hari terakhir, kabut asap menyelimuti Kota Solok, Sumatera Barat, sehingga jarak pandang hanya 500 meter. Diduga kabut asap dipicu kebakaran 1.300 hektare lahan gambut di Tanjung Jabung Timur, Jambi.

Api dengan cepat menjalar ke kawasan lain akibat tiupan angin dan keringnya gambut di kawasan tersebut. Menurut Dinas Kehutanan setempat, api sulit dipadamkan karena kedalaman api di lahan gambut bisa mencapai satu meter di bawah permukaan tanah. Akibat kebakaran lahan gambut ini, Kota Jambi diselimuti kabut asap. Sayangnya, sejauh ini belum ada upaya serius untuk memadamkan kebakaran ini.

Dalam dua hari terakhir, kabut asap menebal padahal berdasarkan pantauan Badan Meterorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) tidak ditemukan satu pun titik api di kawasan Solok ini.
 
Pada Selasa (6/9) siang, jarak pandang bahkan hanya sekitar 500 meter. Sejumlah pengendara mengaku terganggu dengan kondisi ini. Untuk memudahkan berkendara, para pengemudi menyalakan lampu pada pagi dan sore hari karena pada saat itu kabut terlihat semakin menebal.(YUS)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini