Sukses

Kini, Pesawat Jadi Pilihan Untuk Mudik

Pesawat terbang kini jadi pilihan transportasi mudik lebaran. Tahun ini teracatat lebih dari 2 juta orang mudik naik pesawat.

Liputan6.com, Jakarta: Moda transportasi udara kini menjadi pilihan untuk mudik ke kampung halaman. Sesuai pendataan arus mudik lebaran 2011 yang dilakukan Kementerian Perhubungan melalui posko mudik harian nasional, jumlah pemudik yang menggunakan pesawat terbang lebih banyak ketimbang yang menggunakan kereta api.

Hingga H-1 lebaran, jumlah pemudik yang menggunakan kereta api tercatat sekitar 542.810 orang. Sementara pemudik yang menggunakan transportasi laut tercatat sebanyak 408.435 orang. Sedangkan yang melakukan perjalanan mudik dengan jalur darat seperti Bus, Mobil Pribadi dan Sepeda motor tercatat sebanyak 1.960.427 orang.

"Untuk perjalanan udara mengalami kenaikan luar biasa, yaitu sebanyak 2.060.304 orang untuk keberangkatan dan kedatangannya di bandara pada arus mudik kali ini," ungkap Kepala Posko Mudik Harian Nasional Kemenhub sift 1 Bambang Tjahyono, saat ditemui di kantornya di gedung Cipta lantai 7 Kemenhub, Jakarta, Selasa (30/8).

Sebelumnya, Direktur Jenderal Hubungan Darat Suroyo Alimoeso saat ditemui oleh wartawan di Gedung Kemenhub, Senin malam (29/8) mengatakan, pihaknya akan melakukan evaluasi terkait ketepatan jadwal keberangkatan semua jenis angkutan lebaran.

"Untuk delay nanti juga akan kita evaluasi di semua pelayanan transportasi. Nanti semua akan kita cek. Intinya pada H+7 akan dievaluasi semuanya untuk perbaikan yang akan datang. Soal peringatan nanti akan diperingatkan masing ditjennya," jelasnya. (ADM/mla).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini