Sukses

Salat Id Muhammadiyah Dijaga GP Ansor

Organisasi massa dari NU tersebut justru hadir membantu menjaga keamanan saat salat Id warga Muhammadiyah digelar. Sementara, warga NU meyakini bahwa 1 Syawal baru genap pada Rabu besok. Perbedaan rupanya bukanlah persoalan.

Liputan6.com, Jakarta: Perbedaan rupanya bukanlah persoalan. Tengok saja, Pengurus Pusat Muhammadiyah menyampaikan rasa terima kasih atas peran serta warga Nahdlatul Ulama (NU) melalui Gerakan Pemuda Ansor. Pada Selasa (30/8) ini, organisasi massa dari NU tersebut justru hadir membantu menjaga keamanan saat salat Id warga Muhammadiyah digelar. Sementara, warga NU meyakini bahwa 1 Syawal baru genap pada Rabu besok.

"Kami atas nama warga Muhammadiyah mengucapkan terima kasih kepada GP Anshor yang telah menjaga serta memfasilitasi Salat Id," ujar Sekretaris PP Muhammadiyah Abdul Mukti, usai Salat Id di Mesjid Agung Al Azhar, Kebayoran Baru, Jakarta, Selasa pagi tadi.

Menurut Abdul, kerja sama seperti yang terjadi sekarang sebenarnya sudah berlangsung lama. Meski, kerap muncul perbedaan dalam menetapkan akhir Ramadan dan awal Syawal. "Meski kami sering berbeda dalam menetapkan Ramadan dan awal Syawal. Namun, selama ini kerja sama selalu berjalan dengan baik," kata dia.

Aksi GP Ansor tak melulu di Ibu Kota. Menurut catatan Abdul, penyelenggaraan Salat Id yang dilakukukan warga Muhammadiyah di sejumlah daerah juga dikawal ormas GP Anshor, seperti yang terjadi di Sidoarjo, Jawa Timur.(EPN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini