Sukses

Pengusaha Bis Keluhkan Sepinya Penumpang

Sejumlah pengusaha angkutan bis mengeluhkan sepinya penumpang yang ingin mudik tahun ini. Mengenai penyebabnya turunnya jumlah penumnpang, Eko menduga hal itu diakibatkan banyaknya sejumlah perusahaan serta paguyuban yang membuat program mudik gratis.

Liputan6.com, Jakarta: Sejumlah pengusaha angkutan bis mengeluhkan sepinya penumpang yang ingin mudik tahun ini.

"Memang pada puncak mudik H-3 jelang lebaran ada lonjakan penumpang. Tapi secara akumulasi tahun ini jumlah penumpang turun," kata Eko, pengelola bis di terminal Lebak Bulus,  mengeluh kepada Liputan6.com, Jakarta, Senin (29/8).

Eko mengatakan, tanda-tanda menurunnya penumpang bisa dilihat dari jumlah armada bisnya yang mengangkut penumpang ikut menurun. "Biasanya bis saya mengangkut penumpang lima hingga enam unit per hari dalam satu musim lebaran. Namun, untuk empat unit bis saja per hari saja sudah susah, " kata Eko.

Mengenai penyebabnya turunnya jumlah penumnpang, Eko menduga hal itu diakibatkan banyaknya sejumlah perusahaan serta paguyuban yang membuat program mudik gratis.

Kedua, lanjut Eko, makin maraknya masyarakat mudik menggunakan kendaraan pribadi khususnya sepeda motor. "Yang paling terasa pengaruhnya adalah bis gratis yang diselenggarakan perusahaan-perusahaan. Kalau program mudik gratis dari partai, tak terlalu pengaruh," ujarnya. (ADI/YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini