Sukses

Pelayanan Mudik Puluhan Ribu TKI Lancar

Kepala BNP2TKI Jumhur Hidayat, memastikan pelayanan jajarannya terhadap puluhan ribu TKI yang mudik Lebaran tahun ini, berjalan lancar.

Liputan6.com, Jakarta: Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Jumhur Hidayat, memastikan pelayanan jajarannya terhadap puluhan ribu TKI yang mudik Lebaran tahun ini, berjalan lancar.

"Pelayanan dari semua terminal kedatangan TKI yang ada di Indonesia sepenuhnya aman dan lancar, baik yang menggunakan bandar udara maupun pelabuhan," katanya di Jakarta, Minggu (28/8).

Data BNP2TKI menyebutkan, TKI dari luar negeri yang mudik kali ini berkisar 80.000-100.000 orang. Dengan jumlah remitansi atau uang kiriman TKI, mencapai sekitar Rp 800 miliar. Sementara arus mudik TKI dihitung sejak H-10 dan H+10 Lebaran.

Menurut Jumhur, di luar Lebaran, jumlah TKI yang pulang dalam 20 hari, seluruhnya ada 40.000 orang. Dan sebulan sekitar 60.000 orang.

Namun khusus selama momentum Lebaran, terjadi peningkatan dua kali lipat kedatangan TKI.

"Rata-rata TKI pulang ke Tanah Air per hari sebanyak dua ribu orang dan saat Lebaran ini jumlahnya menjadi 4.000 orang per hari," jelas Jumhur. (ASW/Vin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini