Sukses

Ratusan TKI Tiba di Bandara Adi Sumarmo

Ratusan Tenaga Kerja Indonesia dari luar negeri tiba di terminal kedatangan TKI Bandara Adi Sumarmo Boyolali, Jawa Tengah, Selasa (23/8). Ratusan TKI ini berasal dari wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Liputan6.com, Boyolali: Ratusan Tenaga Kerja Indonesia dari luar negeri tiba di terminal kedatangan TKI Bandara Adi Sumarmo, Boyolali, Jawa Tengah, Selasa (23/8). Ratusan TKI ini berasal dari wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Mereka terbang dari berbagai negara yakni Malaysia, Singapura, Hingkong dan Taiwan. Dalam sehari, terdapat tiga jadwal kedatangan dari pagi, siang, maupun petang. Diperkirakan, puncak kedatangan arus mudik TKI ini akan terjadi pada H-3 Lebaran.

Sementara itu, sekitar 125 pemudik diberangkatkan menuju Pulau Masalembu dari Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur. Pemberangkatan ini tidak dipungut biasa alias gratis. Dinas Perhubungan dan Lalu Lintas Angkutan Jalan Jawa Timur, bahkan memberi uang saku kepada para pemudik Rp 100 ribu per orang.

Sejumlah penumpang sempat khawatir akan kondisi kelayakan kapal. Pasalnya, kapal Anugerah Sejahtera yang mereka tumpangi adalah kapal barang. Namun, pihak Dishub dan LLAJ Jatim menjamin kapal sangat layak dan keselamatan penumpang adalah yang utama.

Sepekan menjelang lebaran, arus mudik dengan kapal laut di Pelabuhan Semayang, Balikpapan, Kalimantan Timur, mulai ramai. Kebanyakan penumpang bertujuan ke sejumlah kota di Pulau Jawa dan Sulawesi [baca: Mudik dengan Kapal Laut Mulai Ramai].

Di Pelabuhan Sukarno-Hatta Makassar, Sulawesi Selatan, dua kapal merapat yakni kapal laut Labobar dan KM Kerinci. Kapal Labobar tiba dari Bau-bau dan mengangkut hampir 3.000 penumpang. Sementara, KM Kerinci dari Balikpapan tiba dengan jumlah penumpang hampir 1.500 orang. Meski jumlah penumpang meningkat, pihak pelabuhan menjamin ketersediaan kapal dan seluruh penumpang akan terangkut. (APY/YUS)



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini