Sukses

Lebaran Mendekat, Inspeksi Daging Gencar

Sekitar sepekan lagi lebaran tiba. Tingginya permintaan daging sapi dan daging ayam disikapi instansi terkait di sejumah daerah dengan melakukan peninjauan ke lapangan.

Liputan6.com, Majalengka: Sekitar sepekan lagi lebaran tiba. Tingginya permintaan daging sapi dan daging ayam disikapi instansi terkait di sejumah daerah dengan melakukan peninjauan ke lapangan.

Di Majalengka, Dinas Peternakan memantau proses pemotongan sapi untuk membuktikan langsung kabar beredarnya daging gelonggongan atau daging yang tidak sehat untuk dikonsumsi.

Persediaan daging sapi untuk wilayah Majalengka dan sekitarnya terbilang aman. Sekitar 30 ekor sapi dan kerbau dipotong setiap hari di rumah pemotongan hewan di kabupaten ini.

Di tempat lain, tim gabungan Pemda Banyuwangi juga turun ke lapangan. Tak hanya daging sapi, daging ayam potong yang dijual di los pasar tradisional tak luput dari pemeriksaan. Meski tidak menemukan daging gelonggongan, petugas justru mendapati daging yang diduga terjangkit penyakit cacing hati.

Dari segi harga, selama Ramadan, para pedagang membenarkan bahwa harga daging sapi terus mengalami kenaikan. Dari harga normal sekitar Rp 55 ribu per kilogram kini telah mendekati Rp 60 ribu. Kenaikan harga juga dialami daging ayam potong. (YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.