Polda DIY Kerahkan Ribuan Personel Jelang Lebaran

  • Daerah
  • 0
  • 22 Agu 2011 13:03
Liputan6.com, Sleman: Polisi di sejumlah daerah mengerahkan pengamanan ekstra ketat amankan Lebaran. Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta misalnya, menggelar apel siaga pasukan Ketupat Progo 2011 di halaman Markas Kepolisian Daerah DIY, Senin (22/8).

Lebih dari 3.000 personel gabungan dari Polda DIY dan instansi terkait lain akan dikerahkan mulai Selasa besok. Tiga ribu personel terdiri dari polisi sebanyak 2.500 orang dan instansi terkait sebanyak 638 orang. Instansi terkait antara lain Satuan Polisi Pamong Praja, Pramuka, petugas kesehatan, Linmas, PMI, SAR, dan sebagainya.

Selain itu juga masih disiapkan sekitar 214 petugas on call sebanyak 214 orang yang siap memback-up pengamanan jika diperlukan. Mereka terdiri dari 150 personel TNI dan 64 personel pemadam kebakaran.

Kepala Polda DIY Brigadir Jenderal Polisi Tjuk Basuki mengatakan wilayah DIY memang harus mendapatkan prioritas pengamanan lebih. Sebab selain merupakan jalur arus mudik dan balik, wilayah ini juga merupakan tujuan kunjungan wisata pada masa Lebaran. Sehingga diperkirakan potensi tingkat kerawanan, baik kecelakaan maupun kriminalitas, sangat tinggi.

Sama seperti wilayah lain rencananya pengamanan Lebaran berlangsung selama 16 hari. Yaitu mulai tujuh hari sebelum Lebaran sampai dengan delapan hari setelah lebaran. Diharapkan dengan operasi ini masyarakat bisa lebih aman dan nyaman [baca: Ribuan Personel Polisi Siap Amankan Makassar].(AIS)
Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler