Sukses

Jepang Kembali Diguncang Gempa, Tsunami Mengancam

Gempa bumi yang diperkirakan berkekuatan 6,5 atau 6,8 skala Richter terjadi di lepas pantai timur laut Jepang pada Jumat (19/8), sehingga memicu peringatan tsunami.

Liputan6.com, Tokyo: Gempa berkekuatan 6,5 skala Richter mengguncang Pulau Honshu, Jepang, Jumat (19/8) pukul 14.36 waktu setempat. Demikian informasi yang dilaporkan Badan Meteorologi Amerika Serikat (USGS). Sumber lain menyebutkan getaran gempa ini mencapai 6,8 skala Richter.

Gempa berpusat di 99 kilometer tenggara Sendai, 103 kilometer timur laut Iwaki, pada kedalaman 39,1 kilometer. Guncangan gempa juga terasa di Miyagi dan Fukushima. USGS memperingatkan gelombang tsunami mengancam kedua daerah tersebut yang lokasinya berdekatan dengan pusat gempa. Adapun sampai saat berita ini diturunkan, tidak ada laporan korban tewas atau kerusakan akibat kejadian tersebut.(ANS/Xinhua)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.