Sukses

Hubungan Indonesia-Timor Leste Dinilai Membawa Citra Baik

Hubungan antara Indonesia dan Timor Leste dinilai akan mendatangkan citra baik di mata internasional. Sekitar 80 persen pejabat Timor Leste pernah mengenyam pendidikan di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta: Kunjungan Presiden Megawati Sukarnoputri ke Timor Leste, 20 Mei silam, memang masih menimbulkan kekecewaan buat segelintir pejuang pro-integrasi. Kendati begitu, kekecewaan itu diharapkan tak akan menyurutkan upaya membina hubungan bertetangga yang baik antara Indonesia dan Timor Leste. Soalnya, hubungan yang baik di antara kedua negara itu dapat saling memberikan kontribusi positif di mata internasional. Hal itu dikemukakan Duta Besar Indonesia untuk Yunani Lopez da Cruz seusai bertemu Presiden Megawati Sukarnoputri di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin (27/5).

Menurut Lopez, sejauh ini Presiden Timor Leste Xanana Gusmao cenderung berkiblat ke Indonesia sebagai tetangga terdekat. Karena itu, kebijakan ini harus dimanfaatkan Indonesia khususnya suara Timor Leste di forum Perserikatan Bangsa-Bangsa. Apalagi, saat ini sekitar 80 persen pejabat di Timor Leste adalah mereka yang pernah mengenyam pendidikan di Indonesia. Setidaknya pengalaman itu tentunya akan positif bagi hubungan persaudaraan kedua negara di masa mendatang.

Hal serupa juga pernah dikemukakan Menteri Luar Negeri Hassan Wirajuda. Menurut Hassan kepergian Megawati ke Timor Leste menyangkut kepentingan jangka panjang hubungan diplomatik kedua negara. Selain itu, kepergian ini juga dimaksudkan untuk mempermudah penyelesaian aset milik Indonesia di bekas provinsi ke-27 tersebut [baca: Menlu: Presiden ke Timtim untuk Jangka Panjang].(ORS/Imelda Sari dan Kurnia Supriatna)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini