Sukses

Rayakan HUT RI dengan Mengarak Mihrab Masjid

Warga Brebes merayakan HUT RU dengan mengarak mihrab masjid. Sedangkan di Kupang, bukan panjat pinang yang dilombakan melainkan panjat pisang.

Liputan6.com, Brebes: Beragam cara unik dilakukan warga untuk memperingati Hari Ulang Tahun ke-66 Kemerdekaan Indonesia. Di Brebes, Jawa Tengah, perayaan hari kemerdekaan yang dipadukan dengan Nuzulul Qurab ditandai dengan mengarak mihrab masjid.

Arak-arakan sebuah mihrab masjid digelar warga mulai dari anak-anak hingga orang tua. Dimulai dari balai desa, mihrab masjid diarak keliling kampung. Sambil membawa obor dan dengan iringan drum band para pelajar anak-anak musik rebana.

Arak-arakan berakhir setelah mihrab tiba di Masjid Nurul Hidayah. Sejak berdiri tiga tahun lalu, masjid ini belum pernah memiliki mihrab atau sejenis podium tempat khatib menyampaikan khutbah salat Jumat maupun salat Hari Raya Idul Fitri.

Sementara itu di Kelurahan Penfui, Kupang, Nusa Tenggara Timur, perayaan HUT RI dimeriahkan dengan lomba panjat pisang. Batang pisang yang sengaja dipasang menggantung dilumuri oli sedangkan di puncak batang beragam hadiah uang telah menanti.

Berkali-kali anak-anak mencoba dan berkali-kali pula sejumlah anak gagal memanjatnya. Sang penakluk batang pisang pun berhak atas hadiah uang tunai yang tergulung dalam bendera. Dengan modal murah, kemeriahan HUT RI tetap dapat terasa.(JUM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini